03 Desember 2010

Filled Under:

Karena Lidah tak Bertulang

Lisan dan tangan merupakan anggota atau alat jasad uang elastis dan mudah mempunyai pengaruh terhadap diri dan yang lainnya. Besar kecilnya kualitas yang diperbuat lidah dan tangannya. Terangkat dan jatuhnya kehormatan seseorang tergantung sejauhmana ia dapat menggunakan lisan dan tangannya dalam segala lapangan kehidupan.

Perbuatan tangan dan lisan sebenarnya banyak kesamaan dan perbedaan-nya, namun pengaruh lisan lebih besar daripada pengaruh tangan. Lisan bisa menimbulkan dua kemungkinan besar; kehancuran atau perdamaian, sebagai contoh tidak jarang kita dapat perpecahan , keributan dan kekacauan lainnya (baik secara individu atau kelompok), disebabkan lisan yang tidak terkendalikan. Juga sebaliknya terjalinnya persatuan dan kesatuan, tolong menolong serta sikap baik lainnya disebabkan terpelihara dan terjaganya lisan.

 

Bentuk-bentuk Kejahatan Lisan

  1. Nifaq

Nifaq artinya tipu daya, memperlihatkan sesuatu yang tidak sesuai dengan sebenarnya; hanya sebatas kata tanpa fakta; mengatakan ya, padahal tidak.

Nifaq adalah salah satu kejahatan lisan karena diketahuinya melalui kata-kata yang tidak sesuai dengan kenyataan dan lebih luas pengertiannya daripada dusta, orangnya disebut munafiq. Namun hanya Allah lah yang mengetahuinya, karena Allah sendiri yang memberikan gelar tersebut. Sedangkan kita tidak boleh  memberikan gelar minafiq terhadap sesama muslim walaupun tidak sesuai kata dengan paktanya, kecuali terhadap orang-orang yang telah diberi gelar munafiq oleh nash Al-Quran dan Hadits seperti, Abdullah bin Salul, Abdullah bin Saba dll.

Menurut syariat nifaq terbagi pada dua bagian; pertama, nifaq besar yaitu lahirnya menyatakan iman terhadap Rukun Iman tapi batinnya menolak (baik seluruhnya maupun sebagian). Kedua, nifaq kecil yaitu nifaq amali. Nifaq ini hanya menyangkut perbuatan. Pergaulan sehari-hari yang lahirnya tampak menjanjikan tapi ternyata merugikan.

  1. Ghibah

Ghibah (mengumpat) adalah membicarakan sesuatu tentang saudaranya yang ia (saudaranya) tidak menyukainya, baik benar atau pun salah yang dibicarakan.

Ghibah adalah keinginan untuk menghancurkan orang, keinginan menodai harga diri, kehormatan, kemuliaan orang lain, sedang mereka tidak ada dihadapannya.

  1. Namimah

Namimah adalah memindahkan pembicaraan seseorang kepada orang yang dibicarakan itu dengan satu tujuan untuk menimbulkan permusuhan antara manusia, mengotori kejernihan pergaulan dan atau menambah keruhnya pergaulan.

Oleh karena lidah sangat licin dan tidak bertulang, maka sewajarnyalah seorang muslim memperhatikan dampaknya yang cukup besar.

Begitu besarnya perhatian para ulama terhadap lisan, hal ini disebabkan pengaruh lisan lebih besar daripada tangan. Lebih banyak orang yang dapat menahan tangannya daripada lisannya.

0 comments:

Poskan Komentar

Please don't spam here. Happy comments :D

Copyright @ 2013 Islam at Trigonal.